Tahapan Seleksi

Pemeriksaan Administrasi Tingkat Pusat


Materi Pemeriksaan

  1. Surat Permohonan :
    1. ditulis dengan tinta warna hitam di atas kertas folio bergaris bermaterai Rp. 6.000,-;
    2. ditulis sendiri oleh pelamar;
    3. menggunakan huruf balok tanpa coretan/dihapus.
  2. fotokopi akte kelahiran/surat kenal lahir
    1. bagi yang tidak memiliki akte kelahiran dapat menggunakan Surat Keterangan Kelahiran/Surat Kenal Lahir
    2. akte kelahiran/surat kenal lahir/surat keterangan kelahiran dibuat oleh bupati/walikota setempat;
    3. jika akte kelahiran/surat kenal lahir hilang/ rusak/terdapat kesalahan/perubahan, harus dilampiri surat keterangan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.
  3. fotokopi Ijazah pendidikan umum sampai dengan pendidikan terakhir
    1. fotokopi Ijazah beserta transkrip/daftar nilai
    2. jika Ijazah hilang/rusak/terdapat kesalahan/ perubahan, harus dilampiri surat keterangan yang dikeluarkan oleh pejabat yang  berwenang;
    3. fotokopi Ijazah dari sekolah/perguruan tinggi luar negeri harus mendapat penyesuaian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
    4. fotokopi Ijazah yang digunakan harus sesuai dengan yang diterbitkan oleh sekolah/perguruan tinggi;
    5. fotokopi sertifikat akreditasi program studi yang dikeluarkan BAN-PT dilegalisir oleh sekolah/perguruan tinggi.
  4. bagi siswa yang masih duduk di kelas 3 (tiga) SMA / MA agar membawa raport atau fotocopy raport yang telah dilegalisir;
  5. fotokopi surat keterangan berbadan sehat yang dikeluarkan dari institusi kesehatan resmi milik pemerintah (di luar kesehatan Polri);
  6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) :
  7. fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Calon Taruna/i Akademi Kepolisian dengan masa penerbitan minimal 1 (satu) tahun terakhir terhitung pada saat waktu pembukaan pendidikan;
  8. persetujuan orang tua/wali
  9. pernyataan belum pernah nikah
  10. daftar riwayat hidup
  11. surat perjanjian Ikatan Dinas Pertama Anggota Polri
  12. surat pernyataan tidak terikat perjanjian dengan instansi lain
  13. surat pernyataan orang tua/wali

Metode Pemeriksaan Administrasi Tingkat Pusat

  1. pemeriksaan Administrasi Tingkat Pusat dilaksanakan pada Panitia Pusat oleh tim pemeriksa administrasi tingkat pusat;
  2. tim pemeriksa Administrasi Tingkat Pusat melakukan pemeriksaan ulang kelengkapan dan meneliti keabsahan dokumen persyaratan administrasi calon taruna Akpol satu persatu dengan cermat dan teliti, mencocokkan detail nama, tanggal/bulan/tahun lahir yang tertera pada ijazah/STTB, Akte kelahiran, KTP dan KK dengan melibatkan outsourcing (Diknas, Disdukpencapil), mencocokan foto Calon Taruna/i Akademi Kepolisian sesuai blanko pemeriksaan administrasi yang telah ditentukan serta melakukan pengukuran tinggi badan;
  3. mengembalikan dokumen asli yang terdiri dari Ijazah SD s.d. SMA/MA beserta daftar nilai, KTP, KK dan Akte Kelahiran kepada calon taruna Akpol baik yang MS maupun yang TMS.

Penilaian

    Penilaian hasil pemeriksaan administrasi tingkat pusat ditentukan secara kualitatif dengan kualifikasi sebagai berikut

    1. Memenuhi Syarat (MS) : berkas administrasi lengkap;
    2. Tidak Memenuhi Syarat (TMS):
      1. berkas administrasi lengkap tetapi diragukan keabsahannya;
      2. berkas administrasi sah tetapi tidak lengkap;
      3. berkas administrasi lengkap tetapi tidak sah;
      4. berkas administrasi tidak lengkap dan tidak sah.

Yang perlu dipersiapkan oleh peserta :

  1. memakai kemeja warna putih dan celana panjang bahan warna hitam;
  2. peralatan tulis (ballpoint pens, bold liner pens, penghapus pulpen (tipp-ex), pensil, dan penghapus pensil